Bros Kerajaan Mangkunegaran

0

Bros Kerajaan Mangkunegaran.

Kerajaan Mangkunegaran (Bahasa Jawa: ꦆꦭꦒꦸꦤ꧀ꦺꦤ꧀ꦤꦺꦔꦤ꧀ꦓꦤ꧀ꦔꦔꦸꦱ꧀) adalah salah satu kerajaan bawahan di Jawa, Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada tahun 1757 oleh Pangeran Sambernyawa, yang merupakan adik laki-laki dari Sunan Pakubuwono III, Raja Kasunanan Surakarta. Kerajaan Mangkunegaran berpusat di Kota Surakarta dan dipimpin oleh seorang adipati (penghulu) yang bergelar Kanjeng Pangeran Adipati (K.P.A.).




Kerajaan Mangkunegaran memiliki kedudukan yang unik dalam sistem kekuasaan di Jawa. Meskipun merupakan kerajaan bawahan dari Kasunanan Surakarta, Mangkunegaran memiliki otonomi penuh dalam urusan pemerintahan dan keuangan. Hal ini membuat Mangkunegaran bisa menjalin hubungan diplomatik langsung dengan negara-negara Eropa seperti Belanda dan Inggris.

Selama abad ke-19, Kerajaan Mangkunegaran mengalami perkembangan yang pesat di bidang ekonomi dan budaya. Di bawah kepemimpinan Adipati Mangkunegara VII (Pangeran Suryoatmodjo), Mangkunegaran berhasil memperluas wilayah kekuasaannya dengan menguasai sebagian daerah di wilayah Selatan Jawa Tengah.

Di era modern, Kerajaan Mangkunegaran masih memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat Surakarta. Pada saat ini, Mangkunegaran dianggap sebagai salah satu institusi warisan budaya yang masih lestari di Indonesia. Beberapa pejabat kerajaan seperti GPH Purbodiningrat, putra dari GPH Hadiwinoto, dan GPH Suryaningrat, putra dari GPH Dipokusumo, masih mengemban tugas sebagai penjaga tradisi dan warisan budaya Kerajaan Mangkunegaran.

UNTUK MENDAPATKAN BARANG TERSEBUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI
MUSEUM KERIS DAN PUSAKA :

+62812 8787 2223

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!