50Ribuan Keris Pusaka Tangguh Hamengku Buwono II – Sultan Sepuh (1792-1810)

0

Pada period pemerintahan Sultan Sepuh Hamengku Buwono II, kerajaan Mataram mengalami masa keemasan yang gemilang. Salah satu warisan budaya yang sangat berharga dari masa tersebut adalah 50 ribuan keris pusaka tangguh yang merupakan simbol kekuatan dan keberanian.

Keberagaman Keris Pusaka Tangguh

Keris pusaka tangguh yang dimiliki oleh Sultan Sepuh Hamengku Buwono II memiliki beragam bentuk dan desain yang unik. Setiap keris memiliki makna tersendiri dan diyakini memberikan keberuntungan bagi pemiliknya. Beberapa jenis keris pusaka tangguh yang terkenal pada masa itu antara lain:

  1. Keris Kyai Sapu Jagad: Keris ini diyakini sebagai penjaga alam semesta dan memberikan perlindungan kepada pemiliknya.
  2. Keris Pamor Luwu: Keris ini memiliki pamor yang sangat langka dan hanya dimiliki oleh kalangan bangsawan.
  3. Keris Nagasasra: Keris ini dipercaya memiliki kekuatan magis dan mampu melindungi pemiliknya dari serangan gaib.

Peran Keris Pusaka Tangguh dalam Kehidupan Masyarakat

50Ribuan Keris Pusaka Tangguh Hamengku Buwono II – Sultan Sepuh (1792-1810)

Keris pusaka tangguh bukan hanya sekadar barang koleksi atau hiasan belaka. Keris memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Mataram. Beberapa fungsi dari keris pusaka tangguh antara lain:

  • Sebagai simbol keberanian: Keris dianggap sebagai simbol keberanian dan kekuatan yang dimiliki oleh pemiliknya.
  • Sebagai penjaga diri: Keris dipercaya dapat melindungi pemiliknya dari serangan musuh, baik secara fisik maupun religious.
  • Sebagai penentu standing sosial: Pemilik keris pusaka tangguh seringkali dianggap sebagai orang yang memiliki kedudukan tinggi dalam masyarakat.

FAQs

Apakah semua keris pusaka tangguh memiliki kekuatan magis?

Tidak semua keris pusaka tangguh memiliki kekuatan magis. Namun, banyak yang percaya bahwa keris pusaka tangguh memiliki energi religious yang dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya.

Bagaimana cara merawat keris pusaka tangguh?

Untuk merawat keris pusaka tangguh, pemilik harus menjaganya dari debu dan kelembaban. Selain itu, Museum Keris sebaiknya keris disimpan di tempat khusus yang aman dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Dengan keberadaan 50 ribuan keris pusaka tangguh yang dimiliki oleh Sultan Sepuh Hamengku Buwono II, warisan budaya dan kearifan lokal Mataram Museum Keris Pusaka tetap terjaga hingga saat ini. Semoga keris pusaka tangguh ini terus menjadi simbol kekuatan dan keberanian bagi generasi mendatang.

Harga Keris Pusaka
GRATIS KONSULTASI TOSAN AJI
UNTUK MENDAPATKAN PRODUK TERSEBUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI
MUSEUM KERIS

+62812 8787 2223


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!