Arti Keris Pusaka Dhapur Panji Sekar

0
Keris Pusaka Dhapur Panji Sekar adalah sebuah keris yang berasal dari Indonesia. Dhapur Panji Sekar merupakan salah satu jenis dapur (bentuk) keris yang banyak ditemukan di Pulau Jawa pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, seperti Majapahit.

Keris Pusaka Dhapur Panji Sekar memiliki bentuk sebilah keris yang elegan dan memanjang dengan ujung bilah yang melengkung. Bilahnya memiliki ciri khas yaitu bagian tengah bilahnya yang membulat mirip seperti buah pala, kemudian melebar sempit ke arah ujung bilah. Pada bagian dagunya terdapat "luh, laju" yang merupakan daging dan guratan di beberapa sisi bilah yang memberikan keunikannya. Bagian hulu (pegangan) keris ini biasanya terbuat dari bahan kayu yang diukir dengan motif terkait cerita Panji dari Jawa Tengah atau motif-motif lain yang memiliki nilai seni tinggi.

Panji Sekar sendiri merupakan salah satu tokoh cerita Panji yang populer dalam mitologi Jawa. Cerita Panji Sekar mengisahkan tentang kehidupan petualangan dan cinta seorang pria bernama Panji Asmarabangun. Cerita ini terkenal karena tema-tema seperti perjalanan, petualangan, cinta, dan keberanian yang terdapat dalam cerita tersebut.

Keris Pusaka Dhapur Panji Sekar memiliki nilai historis dan seni yang tinggi, dan sering kali dijadikan sebagai benda koleksi atau warisan turun temurun. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, keris Pusaka Dhapur Panji Sekar diyakini memiliki kekuatan magis dan dapat membawa keberuntungan serta melindungi pemiliknya.
UNTUK MENDAPATKAN BARANG TERSEBUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI
MUSEUM KERIS DAN PUSAKA :

+62812 8787 2223


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!